Senin, 04 Juni 2012

Tips Olah Vokal Sederhana

Yuk kita sharing. Disini saya ada sedikit tips belajar olah vokal secara sederhana. Tips ini saya dapatkan dari orang-orang yang berpengalaman dibidang vokal.

Untuk memulai latihan vokal yang baik itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
1. Relax.

Seluruh badan mulai dari kepala sampai ujung kaki harus diberi latihan supaya santai. Misalnya, ambil napas pelan-pelan, lalu hembuskan. Diulang terus dengan teratur, minimal 10x berturut-turut.

 
Untuk melatih diafrgama dengan cara, berdiri santai, badan lurus, sambil meletakkan ujung jempol jari di ujung tulang rusuk terbawah. Tariklah nafas melalui hidung dengan cara perlahan atau dengan cepat, dan rasakan bahwa jempol kamu tadi terdorong kesebelah luar, sebagai reaksi dari melonggarnya tulang iga.
Jika telah terasa penuh, kemudian nafas tadi dikeluarkan dalam bentuk senandung vocal “a” atau konsonan “s” ataupun dengan hitungan. Yang jelas bukan dengan cara mendorong, tapi mengeluarkan nafas sehemat mungkin.
Lakukan minimal 20x setiap hari atau setiap ada kesempatan buat latihan. Ini akan membuat otot-otot perut kamu menjadi semakin kokoh dan kuat.


2. Artikulasi (pengucapan kata).
Seorang penyanyi selain harus menguasai dan mengahfalkan syair (lirik) lagu dengan baik, juga harus
mengucapkan kata-katanya dengan jelas dan tegas. Untuk membantu agar dapat memberi penjiwaan dalam lagu tersebut, harus juga memahami isi dan maksud yang terkandung dalam lagu. Ada beberapa cara praktis untuk meningkatkan artikulasi kamu, yaitu dengan mengucapkan vocal : A I U E O

3. Latihan bagian rahang dengan huruf-huruf vokal. Ingat, rahang harus relaks.

- Ucapkan A I U E O
secara berulang-ulang.

- Nyanyikan tangga nada, arpeggio, secara staccato (patah) maupun legato.

4. Setelah relaks, kamu baru boleh nyanyi.

Ketika nyanyi, harus konsentrasi dengan target nada. Napas harus teratur dan kontrol power dengan baik.


Selamat mencoba..:)

2 komentar: